Digitalisasi Pengalaman Kerja Karyawan, Sari Roti Gandeng Darwinbox

  • Whatsapp

Jakarta, TechnoBusiness ID PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. (IDX: ROTI), produsen roti merek Sari Roti yang beroperasi sejak 1995, hari ini mengumumkan kemitraan dengan Darwinbox, penyedia platform teknologi sumber daya manusia global asal Hyderabad, India.

Bacaan Lainnya

Sari Roti, yang memiliki 13 pabrik di Indonesia dan 1 pabrik di Filipina dengan jumlah karyawan lebih dari 5.000 orang, menggandeng Darwinbox untuk mendigitalisasi, menyatukan, dan memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh karyawannya yang dapat diakses kapan saja dan dari mana saja.

Baca Juga: Hebat! Baru Didirikan, Atma Langsung Dapat Pendanaan US$5 Juta

Arlina Sofia, Chief HRGA dan Procurement Nippon Indosari Corpindo, mengatakan Darwinbox mendigitalisasi pengalaman kerja karyawan Sari Roti dengan sistem mobile-first yang mudah dan fleksibel. “Darwinbox memungkinkan kami mengelola SDM secara otomatis,” katanya.

Sistem yang ditawarkan Darwinbox juga mampu menghilangkan hambatan dan inefisiensi di setiap area kerja Sari Roti. Data kehadiran yang sebelumnya ditangkap menggunakan sistem biometrik dan harus diunggah ke HRIS setiap bulan, kini tidak lagi.

Berkat teknologi Darwinbox, absensi karyawan Sari Roti sekarang diproses dengan sistem pengenalan wajah melalui aplikasi yang di dalamnya telah dibenamkan teknologi geofencing. Teknologi itu menjadikan seluruh karyawan Sari Roti dapat merekam data secara langsung dan mudah.

Nippon Indosari Corpindo merupakan produsen roti terbesar di Indonesia yang menawarkan merek Sari Roti, Boti, dan Sari Cake.

Selain itu, Arlina menambahkan, jadwal cuti dan onboarding karyawan dapat dilihat secara digital. Platform tersebut juga bisa menjadi media informasi mengenai kegiatan pembelajaran dan peningkatan keterampilan karyawan yang efektif dan efisien.

“Mengelola SDM secara manual tentu bukan hal yang mudah dilakukan oleh perusahaan besar. Itu sebabnya, mereka membutuhkan digitalisasi dan otomatisasi untuk meringankan beban karyawan dari kegiatan yang merepotkan,” ujar Jayant Palesti, co-founder Darwinbox.

Nippon Indosari Corpindo merupakan perusahaan yang didirikan oleh Wendy Sui Cheng Yap, putri Piet Yap, pendiri Bogasari Flavour Mills, produsen tepung terigu terbesar di Tanah Air. Karena itu, Nippon Indosari Corpindo, yang kini memasarkan bukan hanya Sari Roti, melainkan juga Boti dan Sari Cake, bernaung di bawah Salim Group.

Baca Juga: Segera! 5 Fitur WhatsApp Terbaru: Kirim File Bisa Sampai 2 GB

Berdasarkan laporan perusahaan, Nippon Indosari Corpindo sepanjang 2021 berhasil membukukan penjualan senilai Rp3,29 triliun, 2,4% lebih tinggi daripada kinerjanya pada 2020. Meski naik tipis, laba bersih yang dikantongi bertambah lumayan besar, yakni naik 30,8% menjadi Rp281,34 miliar.

Per kuartal 1/2022, Sari Roti mencatatkan kinerja cemerlang dengan membukukan penjualan senilai Rp908,9 miliar, meningkat 15,5% dibanding periode setahun lalu. Laba bersihnya pun tercatat sebesar Rp88,3 miliar, naik 55,7% dibanding periode yang sama tahun lalu.

—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness ID Foto: Sari Roti

Sumber Technobusiness

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.