Indahnya Jalur Kereta yang Melingkari Gurun Pertama di Dunia

  • Whatsapp

Beijing, TechnoBusiness CN Di tengah gurun yang tak berujung, sebuah kereta melaju di sepanjang rel yang ditinggikan sehingga tampak pasir beterbangan di bawahnya. Sungguh pemandangan yang indah.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Jumlah Pengguna Flip per Semester 1/2022 Capai 10 Juta Orang

Reruntuhan Niya, kota kuno Andil, dan berbagai situs budaya lainnya berdiri di antara titik permulaan hingga ketibaan yang membuat para penumpang semakin dimanjakan oleh pemandangan yang menakjubkan.

Baru-baru ini, jalur kereta dari Hotan ke Ruoqiang sejauh 825 kilometer itu telah beroperasi. Jalur baru tersebut terhubung dengan jalur kereta Golmud-Korla dan Xinjiang Selatan.

Dengan begitu, jalur tersebut membentuk jalur rel gurun pertama di dunia yang mengelilingi Taklamakan, gurun pasir bergeser terbesar kedua sejagat. Jalur rel melingkar itu disebut juga “lingkaran terkuat di Bumi.”

Bukan Sekadar Indah

Jalur kereta yang menghubungkan Hotan dengan Ruoqiang bukan sekadar indah, melainkan juga memiliki fungsi yang jauh lebih penting, yakni meningkatkan perekonomian.

China.org.cn melaporkan bahwa karena kondisi alamnya, selama ini banyak daerah di sepanjang rute tidak terhubung dengan akses pasar. Penduduk setempat mesti melintasi Pegunungan Tianshan jika ingin keluar Xinjiang.

Kalur kereta dari Hotan ke Ruoqiang sejauh 825 kilometer telah beroperasi.

Akibatnya, hasil pertanian yang melimpah dan berkualitas tinggi seperti kapas dan kurma sulit mencapai pasar karena jaringan transportasi yang buruk. Itu sebabnya, kawasan tersebut mengalami kemiskinan parah.

Jalur kereta menjadi harapan baru. Di balik harapan itu ada perjuangan para pekerja untuk mewujudkannya. Para pekerja tersebut harus melintasi 460 kilometer daerah yang tak berpenghuni. Tidak ada air, listrik, sinyal ponsel.

Baca Juga: Truecaller Luncurkan Aplikasi Percakapan Audio Open Doors

Bukan hanya itu, bahaya pun mengintai mereka: padang pasir yang indah tapi “menghisap”, terkadang terjadi badai pasir yang mengerikan, panas yang ekstrem, juga suhu yang beku.

Itu mesti mereka hadapi selama tiga tahun terakhir pembangunan jalur kereta tersebut. Kini, siapa pun bisa melihat, hasilnya sungguh luar biasa. Jalur kereta telah membawa ke kehidupan yang lebih nyata.

—Zhang Ju, TechnoBusiness CN Foto: China.org.cn

Sumber Technobusiness

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.