Pasar Layanan Telekomunikasi Global Tahun Ini Tumbuh Tipis

  • Whatsapp

Massachusetts, TechnoBusiness Insights US Pasar layanan telekomunikasi dan TV berbayar di seluruh dunia sepanjang 2021 mencetak transaksi senilai US$1,56 triliun, naik tipis (1,6%) dibanding tahun sebelumnya yang hanya US$1,54 triliun.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan data firma riset pasar IDC, pemulihan ekonomi dunia yang cepat dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19 telah mendorong pertumbuhan pengeluaran tambahan di pasar layanan telekomunikasi. Alhasil, nilai pasar layanan telekomunikasi global pun naik.

Baca Juga: 75% Manajer Perekrutan Lelah dengan Pasar Perekrutan Saat Ini

Meski begitu, nilai pasar layanan TV berbayar justru turun. Pasalnya, begitu pembatasan aktivitas selama pandemi tidak diberlakukan lagi, orang-orang kembali beraktivitas di luar rumah. Akibatnya, di saat pasar layanan telekomunikasi meningkat, pasar layanan TV berbayar malah meredup.

Meski sudah menunjukkan pemulihan, nilai pasar layanan telekomunikasi dan TV berbayar belum memungkinkan untuk naik secara signifikan. IDC bahkan memperkirakan peningkatannya tahun ini hanya 1,4%, lebih rendah dari tahun sebelumnya, menjadi US$1,58 triliun.

Pengaruh Perang Ukraina

Belakangan ini, beberapa Bank Sentral sedang berupaya menaikkan suku bunga acuan sehingga seharusnya secara nominal berdampak positif pada nilai pasar layanan telekomunikasi dan TV berbayar global. Sebab, inflasi yang disebabkan oleh kenaikan suku bunga akan menaikkan harga jual.

Jadi, ketika operator telekomunikasi menaikkan tarif layanan, pelanggan akan membayar lebih sehingga nilai total pasar yang dibukukan menjadi lebih besar. Sayangnya, kenaikan tarif juga berakibat pada penurunan daya beli sehingga permintaan pelanggan menurun.

Baca Juga: Gawat! 12 Juta Ancaman Siber Targetkan Pengguna Indonesia

Seretnya pertumbuhan pasar layanan telekomunikasi dan TV berbayar global juga dipengaruhi oleh perang Rusia-Ukraina. Hancurnya infrastruktur jaringan telekomunikasi di Ukraina akan menekan permintaan pasar telekomunikasi di kawasan Timur Tengah dan Afrika.

Selain itu, kasus COVID-19 belum berakhir. Penguncian di China dan kemungkinan munculnya varian baru di seluruh dunia dapat kembali melumpuhkan pertumbuhan pasar, terutama di pasar layanan telekomunikasi bisnis.

Sekalipun pasar telah lebih siap dalam menghadapi varian baru jika ada, tapi gangguan rantai pasokan akan tetap memengaruhi kinerja pasar layanan telekomunikasi dan TV berbayar global. Sebab, bagaimana pun nilai pasar ditentukan oleh seberapa banyak pasokan barangnya.

Baca Juga: Pasar Manajemen Diabetes Digital Global 2022 Bernilai US$14,3 Miliar

Kresimir Alic, Direktur Riset Layanan Telekomunikasi Global IDC, menyatakan pemulihan ekonomi pada 2021 telah mendorong pertumbuhan pasar dan menghasilkan tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi dari perkiraan, tetapi kekuatan yang sama juga dapat menekannya.

“Sama seperti pasar lain, pasar ini tidak kebal terhadap perubahan tren ekonomi dan kekuatan seperti inflasi. Resesi pun dapat dengan cepat mengubah bentuk kurva,” ungkap Alic. “Inflasi sudah terjadi, dan ekonomi mulai melambat—karena alasan itu.”

Teks: TechnoBusiness Insights US

Data: IDC, Mei 2022

Foto: iFrame.io 

Sumber Technobusiness

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.