Dewaweb Luncurkan Layanan Keamanan Siber Dewaguard

  • Whatsapp

Jakarta, TechnoBusiness ID Dewaweb, salah satu perusahaan web hosting provider terkemuka di Indonesia yang didirikan pada 2014, di Jakarta pada Selasa (23/8) meluncurkan layanan keamanan siber Dewaguard yang telah tersertifikasi ISO 27001.

Bacaan Lainnya

Peluncuran layanan itu dilatarbelakangi oleh tingginya kasus serangan keamanan siber terhadap perangkat virtual di Tanah Air. Pada 2021, misalnya, menurut Badan Siber dan Sandi Negara, jumlahnya mencapai lebih dari 2,1 miliar anomali trafik serangan.

Baca Juga: Perkuat Layanan Digital, BTN Gandeng Google Cloud dan Multipolar Technology

Kenyataan itu semakin diperkuat dengan laporan Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Januari lalu bahwa sedikitnya 6 juta data penduduk Indonesia bocor dan dijual secara ilegal melalui forum gelap oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Pada bulan yang sama, muncul dugaan bahwa 3,5 juta dataset milik salah satu instansi pemerintah juga bocor akibat serangan keamanan siber terhadap sistem komputer utamanya. Tentu masih banyak lagi kasus serangan keamanan siber yang terjadi di Indonesia.

Meski baru diluncurkan, layanan keamanan siber Dewaguard telah dikembangkan Dewaweb sejak 2021.

Bentuk ancaman keamanan sibernya pun bermacam-macam, antara lain malware, ransomware, DDoS attack, phishing, zero-day attacks, bad bots, dan masih banyak lagi. Itulah yang mendasari Dewaweb membangun tim elit keamanan siber (cyber security in-house) Dewaguard.

Baca Juga: Yuk, Menjelajah Wisata Melalui WonderVerse Indonesia

Meski baru diluncurkan, layanan keamanan siber Dewaguard telah dikembangkan Dewaweb sejak awal tahun lalu. Dewaguard melakukan monitoring, incident response, dan threat intelligence operation untuk melindungi infrastruktur cloud pelanggan selama 24 jam nonstop.

“Dewaguard sudah dilengkapi dengan sertifikasi ISO 27001 sebagai bukti bahwa penyedia layanan keamanan siber lokal juga memiliki kualitas yang tak kalah baik dengan penyedia layanan dari luar negeri, bahkan dengan biaya yang lebih efisien,” kata Edy Budiman, CEO Dewaweb.

—Vino Darmawan, TechnoBusiness ID Foto: Dewaweb

Sumber Technobusiness

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.